TOP NEWS

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. " (QS. An Nahl : 125)

October 24, 2012

My Truly Idol is Muhammad saw.

Ngomong-ngomong idola nich, pasti semua punya idola kan??! That's right! There is nothing wrong with idol. Ini fitrah, coz manusia mesti akan mengagumi bahkan cenderung mencontoh alias menjiplak abiz tuch idola. Bahkan rela ngelakuin apa aza buat ngewujudinnya, bener kan?! Biar gak bingung, misalnya gini…klo kita ngefens banget sama Harry Potter, kita bakalan berusaha beli bukunya, nonton filmnya, gaya rambut sampai gaya hidupnya pun pingin kaya yang ada di Harry Potter (Koq ngeri ya??...Masa' iya sich mau jalan-jalan pakai sapu terbang?!?! He…he…he…)

Belum lagi kalau kita mengidolakan grup band seperti “peterpan”. Pasti gossip sekecil apapun tentang Paterpan akan kita buru. Koleksi mulai poster sampai pin ada di kamar kita. Ariel suka warna biru, kita juga suka warna biru. Ariel suka jalan-jalan, kita juga. Bahkan kalau Ariel manggung di kota kita, kita rela ngumpulin uang (entah minta ortu, nabung, nyuri, etc) Cuma buat datang ke konser Peterpan. Truz, baru-baru ini Ariel cerai, apa kita juga mau cerai?! And seabrek idola lain such as Sailormon, Naruto, David Beckham, Brad Pit, Kang Dani Dewa, Slank, bla..bla..bla…duh…pokoknya banyak dech! Pokoknya para tokoh-tokoh itu ditiru abis dech! Yeah…mending yang ditiru kelakuannya baik kita masih jadi orang baik. But klo yang ditiru itu orang kafir atawa gak beriman dan gak jalankan perintah Allah, yang ada malah kita ngerasa kehilangan jati diri kita sebagai seorang muslim. Berabe jadinya!

Sobat muslim, keberadaan idola ini bagi kita bisa jadi merupakan hal yang penting coz setidaknya bisa mewakii perasaan, pendapat, keinginan, dan cita kita. Jelasnya sang idola will become inspirator bagi yang mengidolakannya, dech! Because of that, memilih idola dengan benar adalah hal yang penting. Jadi gak boleh sembarangan or jangan yang ecek-ecek doing dunkz! Untuk itu, ada beberapa hal yang musti deperhatikan untuk menentukan idola.

First jangan mengidolakan coz fisiknya aza, for the example cakep, cantik, or badannya atletis, etc, yang semua itu karunia Allah dan akan berubah seiring bertambahnya usia. Apalagi idola-idola yang fisiknya hasil operasi atawa permak silicon, wah…ketipu banget kita and masa' sich kita mau ngefans sama orang-orang yang seperti itu?! Malahan uang kita bisa habis coz musti terus ke salon supaya gaya kita sama terus dengan mereka.

Second, liat dulu tuch idol muslim or gak. Jangan sampai kita mengidolakan orang kafir alias di luar Islam. Yang isinya kehidupan sehari-harinya menyekutukan Allah (klo yang beginian diikuti, gimana dengan keimanan kita?). Allah juga mengingatkan kita tentang hal ini…

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. sungguh Telah kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya." (QS Ali Imran:118)

So, ini larangan jelas agar tak mengidolakan ataupun mengikuti orang-orang kafir.
Third, manuasia fitrahnya butuh pada yang bisa dipercaya, hebat, bisa rujukan dalam kebaikan dan buat kita dekat ama Rabb kita. Coba pikir, idol-idol kita penuhi tuch sarat gak?!! Jangan sampai kita pilih idol yang suka maksiat, doyan mabuk, freesex gak pernah absen, aktif nge-drugs, etc. wah, klo yang beginian truz jadi rujukan, bener-bener berabe masa depan kita
Nah, klo gitu siapa dunkz yang bisa kita idolakan truz kita tiru?? Sobat muslim, inget dech lagu
Tasya di bawah ini…

Idola Sejatiku
Engkau mengenalnya insan yang utama
Siapakah kiranya lelaki pilihan
Menjadi utusan
Dia menunjukkan jalan kebenaran
Muhammad SAW
Baik hatinya, santun perangainya
Jujur katanya, tak pernah dusta
Kita menyayanginya, bersalawatlah baginya
Dia teladan bagi kita semua
Dialah teladan kita semua
Sebagai karunia yang diberikan Allah bagi semua
Muhammad namanya, ikuti jalannya

So, Rasulullah Muhammad SAW inilah yang benar-benar idola alias truly idol. Beliau adalah magnet bagi manusia yang cinta kebenaran dan mencari surga Allah. Bahkan Allah menegaskan dengan jelas dalam firmannya agar kita mengambil teladan dari Muhammad.

"Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah"
(QS Al Ahzab: 21)

"…Apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya."
(QS Al Hasyr:7)

Arthur Glyn Leonard menuliskan dalam bukunya bahwa Muhammad SAW adalah seorang laki-laki yang bukan saja bisa, tetapi salah seorang yang terbesar…yang paling besar…yang dihasilkan kemanusiaan. Pembangunan material dan spiritual yang membangun suatu bangsa yang besar, suatu emporium besar dan bahkan lebih dari segalanya. Ini suatu agama yang lebih besar lagi!

Will Durant dalam The Story of Eivilization in The Word menempatkan Rasul sebagai orang pertama di dunia dilihat dari hasil karyanya. Dalam Muhammad Ar-Rasul wa Ar Risalah, Nazame Luke menempatkan ajaran Rasul sebagai yang paling sempurna.

Kita bisa liat tuch, orang-orang Barat aza kagum, apalagi kita yang muslim. bahkan rasul telah menginspirasi banyak orang baik dari kalangan muda or tua. So, lahirlah para pembesar-pembesar dan pembela Islam yang memiliki keimanan kuat. Missal aza Khalid bin Walid yang merupakan panglima perang Uhud awalnya hero jahat truz jadi hero baik setelah masuk Islam. Sosok Usamah bin Zaid yang masih muda, usia 18 tahun, udah jadi panglima perang. Salman Al Farisi yang semula jadi penyembah api lalu masuk Islam dan jadi hero yang hebat. Benernya masih banyak lagi yang klo disebutin satu-satu ntar A'er nambah halaman nich ^_^

Sobat muslim, dari sekian manusia yang punya kelebihan, satu-satunya yang kita idolakan dan teladani adalah Rasulullah Muhammad SAW. Bahkan mengikutinya adalah wajib! Truz sekarang pertanyaannya, gimana cara meneladani idola sejati ini?

Ikuti Tuntunan Rasul
Meneladani atau menokohkan Rasul bukan sekadar mengidolakan atau memajang kaligrafi. Namun juga mencontoh, mengikuti jejak dan meniru langkahnya, baik dalam urusan dunia maupun agama. Untuk bisa meneladani Rasul Muhammad SAW, tentu saja kita musti tahu Sirah (perjalanan) hidup rasul.

Diantara perkataan dan perbuatan Rasul ada yang mubah diikuti, yaitu perbuatan beliau sebagaimana manusia lain, seperti cara makan, tidur, dan jalan-jalan. Ada pula perbuatan yang khusus beliau dan tidak boleh diikuti. Ada juga yang wajib diikuti, misalnya dalam urusan-urusan ibadah mahdah, seperti sholat, puasa, zakat, etc. begitu juga dengan muamalah, bagaimana Rasul membangun system Negara, sistem ekonomi, membangun masyarakat Islam dan ukuwah Islamiyah bahkan bagaimana metode dakwah juga kesabaran dan keteguhan beliau dalam mendakwahkan Islam. Inget kan, gimana sabarnya beliau pas di Mekkah dihina, disiksa, bahkan diboikot 3 tahun, sampe dilempari batu saat cari perlindungan di Thaif. Subhanallah…ini bener-bener teladan! Truz kita juga bisa teladani bagaimana akhlak beliau pada keluarga, tetangga, bahkan Rasul adalah orang yang sangat dermawan. Suatu hari ada orang yang bertanya pada Aisyah RA tentang akhlak Rasul dan beliau menjawab, “akhlaknya adalah Al Qur'an.” (HR. Muslim)

Dengan mengidolakan dan meneladani Rasul, Insyaallah banyak keutamaan yang kita dapat, ketentraman, keselamatan, bahkan syafaat.
“Barang siapa bershalawat Kepadaku, maka malaikat juga mendoakan keselamatan yang sama baginya. Untuk itu hendaknya dilakukan meski sedikit atau banyak”(HR. Imam Ibnu Majjah dan Imam Thabrani)

~ Edisi 3/ Maret 2008~

0 comments:

Powered by Blogger.